Review Fitbit Charge 4 Rosewood, Fitness Tracker Stylish yang Bikin Semangat Gerak

review Fitbit Charge 4 Rosewood

Wacana untuk membeli fitness tracker sebenarnya sudah ada cukup lama di rencanaku, tepatnya sejak sekitar setahun lalu saat aku mulai rajin olahraga di gym. Tetapi rasanya belum ada fitness tracker yang nyangkut di hati. Pasalnya, fitness tracker yang aku temukan dijual di pasaran bentuknya kaku dan kurang stylish, rasanya jadi kurang cantik di tangan. Apa lagi ukuran pergelangan tanganku agak kecil, sehingga membutuhkan ukuran fitness tracker yang ramping agar pas dan tetap terlihat stylish saat dipakai. Setelah pencarian panjang, aku pun menemukan merek Fitbit yang menjual fitness tracker dan smart watch dengan desain yang menurutku stylish, cantik, dan ukurannya tidak terlalu besar. Aku pun memutuskan membeli fitness tracker keluaran terbaru mereka, Fitbit Charge 4. Bagaimana pengalamanku menggunakan fitness tracker ini? Bagi kamu yang punya ukuran pergelangan tangan kecil dan sedang mencari fitness tracker, yuk, simak review Fitbit Charge 4 Rosewood, fitness tracker stylish yang bikin semangat gerak versi aku di bawah ini.

Review Fitbit Charge 4 Rosewood

Desain ramping dan stylish

Review Fitbit Charge 4 Rosewood
Desain Fitbit Charge 4 ramping dan stylish. (Foto: Dok. Razan Izazi)

Fitbit Charge 4 pertama kali dirilis pada pertengahan April 2020. Saat dirilis fitness tracker ini hadir dengan tiga pilihan warna dan satu desain khusus. Ketiga warna itu adalah Black, Rosewood, dan Storm Blue. Serta satu desain khusus Granite Reflective Woven. Warna yang aku pilih adalah Rosewood, warna ini cenderung lebih feminin dibandingkan dengan tiga lainnya. Fitbit Charge 4 Rosewood memiliki warna seperti ungu yang berpadu dengan marun. Terlihat sangat stylish dan cantik, tetapi di satu sisi juga tidak cepat kotor karena warnanya yang cenderung agak gelap.

Review Fitbit Charge 4 Rosewood
Ukuran strap Fitbit Charge 4 bisa disesuaikan dengan pergelangan tangan. (Foto: Dok. Razan Izazi)

Selain itu, hal lain yang aku sukai dari Fitbit Charge 4 adalah desainya yang ramping dan ukurannya tidak terlalu besar. Cukup pas dikenakan di pergelangan tanganku yang ukurannya relatif kecil. Ukuran layar Fitbit Charge 4 ini yaitu 35.8mm x 22.7mm x 12.5mm.

Saat membeli Fitbit Charge 4 ini, di dalamnya diberikan dua opsi ukuran strap (tali), yaitu Small untuk ukuran pergelangan tangan sekitar 140 mm – 180 mm dan Large untuk ukuran pergelangan tangan sekitar 180 mm – 220 mm. Aku sendiri menggunakan strap dengan ukuran Small. Tidak ada perbedaan desain antara strap ukuran Small dan Large. Perbedaannya hanya ukuran panjangnya saja.

Layar sentuh tetapi tidak berwarna

Review Fitbit Charge 4 Rosewood
Layar sentuh Fitbit Charge 4 cukup responsif tetapi tidak berwarna. (Foto: Dok. Razan Izazi)

Review Fitbit Charge 4 selanjutnya yaitu mengenai tampilan layar atau display fitness tracker ini sendiri. Fitness tracker ini memiliki layar sentuh yang cukup responsif. Untuk mengendalikannya, kita cukup swipe atau slide layar ke menu yang kita inginkan. 

Tampilan utama layar Fitbit Charge 4 juga bisa disesuaikan dengan keinginan kita. Untuk mengaturnya kita cukup masuk ke aplikasi Fitbit di smartphone lalu pilih tampilan layar yang kita inginkan. Menurut aku cara ini cukup simpel dan mudah dilakukan, termasuk oleh aku yang pemula menggunakan fitness tracker.

Namun, yang menurut aku menjadi salah satu kekurangan dari Fitbit Charge 4 ini yaitu tampilan layarnya yang masih tanpa warna alias greyscale. Sebenarnya, tampilan layar tanpa warna ini sama sekali tidak memengaruhi fitur dan kecanggihan fitness tracker ini. Tetapi menurut aku, fitness tracker ini akan tampil lebih menarik dan seru jika dilengkapi dengan layar yang berwarna.

Baca juga: 5 Cara Pakai The Body Shop Body Yogurt Saat Kulit Basah

Fiturnya lengkap dan mudah dihubungkan dengan smartphone

Review Fitbit Charge 4 Rosewood
Fitur aplikasi Fitbit di smartphone. (Foto: Dok. Razan Izazi)

Selain bentuknya yang ramping dan stylish, hal lain yang membuatku akhirnya memutuskan untuk membeli Fitbit Charge 4 adalah karena fitur olahraga dan kesehatannya yang lengkap. Selayaknya fitness tracker lain, Fitbit Charge 4 ini bisa menghitung gerakan olahraga kita. Selain itu juga bisa menghitung detak jantung, menghitung langkah, serta pembakaran kalori kita seharian.

Namun, menariknya dari Fitbit Charge 4 adalah banyaknya pilihan metode olahraga yang bisa di-track. Mulai dari lari, berenang, yoga, bersepeda, dan lainnya. Total ada 20 lebih jenis olahraga yang bisa di-track menggunakan Fitbit Charge 4. Selain itu, fitness tracker ini juga bisa mendeteksi gerakan olahraga kita secara otomatis. Kita bisa mengaturnya sendiri di aplikasi Fitbit di smartphone.

Tidak hanya itu, masih banyak lagi fitur Fitbit Charge 4 yang bikin aku semakin semangat untuk bergerak dan olahraga. Salah satu fitur yang aku suka yaitu Reminders to Move, dengan fitur ini tracker akan mengingatkan kita untuk tetap aktif. Tracker ini akan memberikan tanda jika kita sudah duduk atau rebahan terlalu lama. Ada juga Sleep Tracking dan Sleep Score yang bisa menganalisa kualitas tidur. Menariknya bagi pengguna yang berlangganan aplikasi Fitbit Premium, Fitbit akan memberikan rekomendasi apa yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kualitas tidur.

Review Fitbit Charge 4 Rosewood
Tampilan fitur Fitbit Charge 4 di layar tracker. (Foto: Dok. Razan Izazi)

Fitur Fitbit Charge 4 yang juga menarik dan berguna menurutku adalah Female Health Tracking. Fitur ini rasanya baru aku temukan di fitness tracker dan smart watch keluaran merek Fitbit. Sementara di merek lainnya aku belum pernah menemukan fitur sejenis ini (CMIIW). Melalui fitur Female Health Tracking, tracker ini dapat menganalisa dan memberitahu kapan masa subur kita serta kapan siklus datang bulan selanjutnya. 

Kemudian, bicara soal koneksi ke smartphone, berdasarkan pengalamanku Fitbit Charge 4 ini sangat mudah untuk dihubungan dengan smartphone. Smartphone yang aku gunakan berbasis iOs dan selama penggunaan aku belum pernah menemukan masalah antara koneksi keduanya. Saat membuka aplikasi Fitbit di smartphone, maka aplikasi tersebut akan otomatis menyingkronkan data dengan yang tercatat di tracker. Selain iOs, Fitbit Charge 4 juga dapat dihubungkan pada smartphone berbasis Android.

Fitbit Charge 4 juga bisa menampilkan notifikasi dari ponsel kita langsung di tracker. Kita bisa mengatur notifikasi apa saja yang ingin ditampilkan di tracker melalui aplikasi Fitbit. Beberapa notifikasi yang bisa ditampilkan mulai dari pesan, telepon, kalendar, chat WhatsApp, hingga Instagram. Sayangnya, pada perangkat smartphone berbasis iOs, Fitbit Charge 4 ini belum bisa digunakan untuk membalas pesan secara langsung melalui tracker.

Baca juga: Review Naruko Tea Tree Oil Out Series, Cocok Untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Dilengkapi dengan GPS dan pengaturan Spotify

Review Fitbit Charge 4 Rosewood
Fitbit Charge 4 dapat dihubungkan dengan Spotify. (Foto: Dok. Razan Izazi)

Sebelum memutuskan membeli Fitbit Charge 4, aku sempat mempertimbangkan untuk membeli seri sebelumnya yaitu Fitbit Charge 3. Namun, pembaruan yang dihadirkan pada seri ini bisa dibilang cukup besar dibandingkan seri sebelumnya. Oleh karena itu, aku pun bersabar untuk mendapatkan versi terbaru dari fitness tracker ini.

Menurut keterangan yang tertera di official website Fitbit, pembaruan utama yang menjadi keunggulan Fitbit Charge 4 dibandingkan seri sebelumnya adalah dengan adanya tambahan fitur Real-Time Pace & Distance using Built-In GPS. Fitur ini memungkinkan kita untuk melihat kecepatan dan jarak waktu olahraga terutama saat berlari secara langsung tanpa membutuhkan smartphone. Lalu kita juga bisa melihat peta rute yang kita lalui saat berlari di aplikasi Fitbit.

Tidak hanya itu, Fitbit Charge 4 juga dilengkapi dengan fitur Spotify. Adanya fitur ini memungkinkan kita untuk mengontrol musik, memilih lagu, atau playlist langsung melalui tracker. Setahu aku, fitur ini baru dimiliki oleh Fitbit Charge 4 kerena seri-seri sebelumnya belum bisa digunakan untuk mengontrol musik secara langsung melalui tracker.

Namun, satu hal yang aku sayangkan dari fitur ini adalah karena pengaturan lagu Spotify-ini baru bisa dijalankan melalui tracker jika kita berlangganan Spotify Premium. Jika kita belum berlangganan Spotify Premium maka fitur ini tidak bisa digunakan. Sayang sekali, bukan?

Baterai cukup tahan lama

Review Fitbit Charge 4 Rosewood
Kemasan Fitbit Charge 4. (Foto: Dok. Razan Izazi)

Bicara soal fitur pada review Fitbit Charge 4 Rosewood ini rasanya kurang lengkap jika belum mengetahui ketahanan baterainya. Pasalnya, fitness tracker ini akan kita gunakan seharian. Bahkan aku juga menggunakan Fitbit Charge 4 saat tidur agar fitness tracker ini juga bisa menganalisa kualitas tidur aku.

Selama aku gunakan, ketahanan baterai Fitbit Charge 4 cukup baik. Menurut klaimnya, baterai Fitbit Charge 4 dapat bertahan hingga tujuh hari dalam sekali full charge, namun hanya lima hari jika GPS terus dihidupkan. Proses pengisian baterai yang disarankan yaitu satu sampai dua jam.

Berdasarkan pengalaman, saat melakukan pengisian baterai aku hanya memerlukan waktu sekitar satu setengah jam hingga baterai penuh. Biasanya aku melakukan pengisian batrai tracker ketika daya baterai sudah memasuki angka 20%.

Review Fitbit Charge 4 Rosewood
Ukuran kabel charge Fitbit Charge 4. (Foto: Dok. Razan Izazi)

Alat charger untuk mengisi baterai tracker juga mudah digunakan karena kita tidak perlu melepas tracker ini dari strap-nya. Namun, satu hal yang menurut aku bisa menjadi kekurangan dari charger Fitbit Charge 4 ini adalah ukuran panjang kabelnya yang agak pendek, tidak sampai satu meter. Oleh karena, itu saat melakukan proses pengisian daya, tracker tidak bisa jauh dari saklar.

Harga agak pricey

Review Fitbit Charge 4 Rosewood
Kelengkapan Fitbit Charge 4. (Foto: Dok. Razan Izazi)

Harga Fitbit Charge 4 Rosewood saat rilis di Amerika Serikat: $169.95

Harga beli di Tokopedia (May 2020): Rp 2.899.000 (dapat cashback Rp 150 ribu)

Menurut aku dengan harga yang dibanderol hampir Rp 3 juta di Indonesia, harga Fitbit Charge 4 ini cenderung pricey. Pasalnya beberapa fitness tracker lain bahkan dijual dengan harga tidak sampai Rp 2 juta. Namun, berbagai fitur kesehatan dan olahraga yang dihadirkan oleh Fitbit Charge 4 menurut aku cukup bersaing dibandingkan dengan merek lain.

Selama menggunakan fitness tracker ini bisa aku katakan penghitungan data dan analisanya juga cukup akurat. Oleh karena itu, menurutku harga yang dibanderol Fitbit Charge 4 ini cukup worth it karena sesuai dengan fitur dan performanya yang optimal.

Baca juga: Mencoba Perawatan Anti-Aging Dari Erha, Instant Treatment untuk Mencegah Penuaan

Itulah review Fitbit Charge 4 Rosewood berdasarkan pengalamanku selama menggunakan fitness tracker ini. Bagi kamu yang sedang mencari fitness tracker dengan ukuran ramping dan stylish, Fitbit Charge 4 ini bisa menjadi pertimbangan, lho.

Terima kasih sudah membaca review Fitbit Charge 4 Rosewood aku ini. Jika kamu merasa artikel review ini bermanfaat dan menarik, please do share this article on your social media 🙂 Sampai bertemu di tulisan aku selanjutnya!

Love,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s